Jumat, 26 Oktober 2012

TUGAS 2 - UKM terhadap Perekonomian Nasional


Nama              :           Indah Restu Anjani
NPM               :           13211571
Kelas               :           2EA17
Mat-Kul         :           Softskill - Ekonomi Koperasi

“UKM terhadap PEREKONOMIAN NASIONAL”

Pada tugas yang sebelumnya kita membahas tentang “Koperasi” ,kini kita akan membahas tentang “UKM”.  Koperasi memang berkaitan dengan UKM. Data statistik menunjukkan bahwa jumlah unit UKM atau UMKM (usaha kecil mikro & menengah) telah mendekati 99,98 % terhadap total unit usaha se-Indonesia. Sementara itu, jumlah tenaga kerja yang terlibat mencapai 91,8 juta orang / 97,3% terhadap seluruh tenaga kerja se-Indonesia.

Setiap UMKM pada umumnya  menyerap 3-5 tenaga kerja. Maka dengan adanya penambahan kurang lebih sekitar 3 juta unit UMKM ,maka tenaga kerja yang terserap bertambah 15 juta orang.

Dengan demikian tingkat pengangguran diharapkan dapat menurun dari 6,8% menjadi 5 % dengan pertumbuhan UKM tersebut. Hal ini telah mencerminkan bahwa peran serta UKM terhadap laju pertumbuhan ekonomi memiliki signifikansi yang cukup tinggi bagi pemerataan ekonomi Indonesia karena memang berperan banyak pada sektor riil.

Negara besar dan kaya sumberdaya alam seperti Indonesia dengan jumlah penduduk mendekati seperempat milyar membutuhkan kegiatan ekonomi yang berpijak pada sektor riil.

Investasi swasta (termasuk investasi asing) perlu diarahkan pada penanaman modal di sektor ril bukan non riil. Aliran dana investasi yang berupa ‘hot money' hanya akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang semu dan rentan terhadap gejolak politik. Jika ini terjadi maka dapat mengganggu perekonomian bangsa secara keseluruhan.

Sumber       :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar