Sabtu, 27 Oktober 2012

TULISAN 2 - Pengenalan UKM

Nama             :           Indah Restu Anjani
NPM              :           13211571
Kelas              :           2EA17
Mat-Kul        :           Softskill - Ekonomi Koperasi

Pengenalan UKM / UMKM

Mungkin sebagian dari kalian masih agak bingung dengan UKM. Kalau begitu, mari kita bahas tentang UKM atau UMKM di tulisan ini J

Koperasi dan UKM memang saling berkaitan, mungkin bisa dikatakan bahwa dengan adanya Koperasi maka UKM dapat berdiri sekarang ini, bahkan semakin mengibarkan sayapnya di perekonomian masayarakat.

Pengertian dari Usaha Kecil Menengah yang biasa disebut UKM atau UMKM merupakan sebuah istilah yang mengacu pada jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tetapi tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan merupakan usaha yang berdiri sendiri.

Kini telah banyak berdiri UKM-UKM diberbagai daerah, bahkan kini telah merambah di berbagai Mall-mall. Maka sekarang ini UKM tidak dapat dipandang dengan sebelah mata.
Hasil barang produksi dari UKM-pun kini dapat bersaing dengan barang produksi buatan luar negeri.

Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
( ada pada artikel : http://id.wikipedia.org/wiki/UKM)

Terdapat 3 jenis UKM, diantaranya :
  1. Usaha Jasa,
  2. Usaha Dagang,
  3. Usaha Manufaktur.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari UKM :
Kelebihannya, yaitu :
  • Fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat dibandingkan dengan perusahaan berskala besar yang pada umumnya birokratis,
  • Terdapat dinamisme manajerial dan peranan kewirausahaan.

Kekurangannya, yaitu :
  • Kesulitan pemasaran,
  • Keterbatasan finansial,
  • Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM),
  • Masalah bahan baku,
  • Keterbatasan teknologi.

Yaah.. saya-pun masih kurang begitu memahami tentang UKM, tetapi setidaknya di tulisan kali ini saya dapat berbagi sedikit info sepengetahuan saya tentang UKM, saya mengetahui info dan beberapa penjelasan tentang UKM dari berbagai sumber. Mungkin untuk tau lebih jelas dan lanjut tentang UKM ini, kalian dapat membaca dari sumber lain serta buku-buku yang membahas tentang UKM.

Sekiranya hanya ini saja yang dapat saya share ditulisan kali ini. Semoga bermanfaat yaa teman-teman ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar