Kamis, 01 Mei 2014

TULISAN 3 - Karangan Populer "Membangun Kepercayaan Diri"

NAMA                         :           INDAH RESTU ANJANI
NPM                            :           13211571
KELAS                         :           3EA17
MATA KULIAH           :           SOFTSKILL - BAHASA INDONESIA 2

TULISAN 3

KARANGAN POPULER
“MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI”

Karangan popular atau karangan non ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari – hari.

Ciri – ciri karangan popular adalah:

1.      Ditulis berdasarkan fakta pribadi
2.      Fakta yang disimpulkan subjektif
3.      Tidak memuat hipotesis
4.      Penyajian disertai dengan sejarah
5.      Gaya bahasa komotatuf
6.      Bersifat imajinatif
7.      Situasi didramatisir
8.      Bersifat persuasive

Bahasa dalam karangan popular melonggarkan aturan berbahasa ilmiah yang baku. Bahasa dalam karngan popular menggunakan kata – kata yang bermakna konotasi dan figurative, menggunakan istilah – istilah umum atu popular yang dipahami semua kalangan, dan menggunakan kalimat yang kurang efektif.

Percaya diri ? Bagaimana meningkatkan percaya diri dengan mudah ? Apa saja yang harus dilakukan ketika percaya diri kita ngedrop alias turun akhirnya kita menjadi bingung dan langsung gugup.

Pede alias percaya diri sangatlah berbeda dengan sombong, percaya diri bisa merupakan langkah awal dalam meraih sukses, semantara sombong bisa merupakan awal dari kejatuhan. Berikut tips-tips untuk meningkatkan rasa percaya diri anda :

1.      Knowledge is Power
Mempunyai wawasan dan pengetahuan adalah kunci pertama untuk bisa membangun rasa percaya diri, anda akan merasa confidence.

2.      Be Innovative
Cobalah berusaha melakukan sesuatu yang impossible menjadi possible. Yang dulu tidak mungkin, sekarang menjadi mungkin karena para penemu mencoba dan bereksperimen untuk bisa menjadikan sesuatu yang Impossible menjadi Possibe.

3.      Positif Thinking
Hal yang satu ini bukan cuma untuk membangun rasa percaya diri karena berlaku untuk semua aspek kehidupan. Belajarlah untuk menilai segala sesuatu dengan Positif Thinking, meski kewaspadaan tetap harus terjaga.

4.      Work on It
Jika anda merasa tidak mampu dalam melakukan sesuatu, jangan menyerah dan menerima nasib, anda harus mencoba dan mencoba lagi. Jadikanlah pedoman kalimat “Tidak ada manusia yang sempurna”, jadi apapun yang menjadi kelemahan anda cobalah Work On it, bukalah wawasan lebih dalam lagi dengan belajar dari orang-orang yang pernah gagal dan kembali bisa meraih sukses dalam hidupnya.

5.      You Are Good
Salah satu faktor utama orang menjadi rendah diri dan tidak pede adalah mengaggap bahwa orang lain akan selalu lebih baik dari anda. Setiap manusia ditakdirkan untuk mempunyai Talenta atau bakat yang mungkin tidak semua orang miliki, mulailah menggali apa kelebihan dan bakat anda.

6.      Be Philosophical
Jadilah seseorang yang berpikiran Philisofis, kelihatannya memang sangat tidak masuk akal dan gak nyambung dalam meningkatkan rasa percaya diri, tapi mengapa anda tidak mencobanya dengan cara berpikiran positif dan mengambil hikmah dari setiap kejadian buruk yang menimpa anda.

7.      Set your Disciplines
Seseorang bisa kehilangan rasa percaya diri jika dia merasa melakukan sesuatu yang kurang tepat, takut melakukan kesalahan atau bahkan sudah melakukan kesalahan,  jika anda mengalami situasi yang demikian mulailah buat aturan untuk diri anda untuk lebih disiplin dalam melakukan sesuatu seperti : Tidak mengabaikan pekerjaan yang anda lakukan, berusaha untuk tidak berbohong dalam segala hal, bila anda mencoba maka anda akan merasa tidak nyaman terhadap diri anda sendiri saat anda melanggar aturan disiplin pribadi yang anda buat sendiri.

8.      Be Good
‘Good Guy’ you will be the most wanted buddy for all, Anda akan dihormati dan disegani orang lain jika anda selalu berusaha menjadi orang baik dalam segala hal, untuk bisa dianggap baik oleh orang lain cobalah belajar mengerti kondisi dari sudut pandang orang tersebut bukan dari sudut pandang anda, Kuncinya adalah rasa empati dan toleransi terhadap sesama.

9.      Kenali rasa ketidaknyamanan Anda

Kita semua mempunyai rasa ketidaknyamanan. Ingat ! tidak ada seorang pun yang sempurna. Jadi membagi pikiran anda akan menolong meringankan beban yang anda tanggung sendiri.

10.  Kenali kesuksesan Anda

Temukan sesuatu hal yang ada pada diri Anda, misalnya Anda ahli atau jago pada bidang tertentu , maka fokuslah untuk mengembangkannya.

11.  Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki

   Waktu membuktikan ,bahwa akar dari perasaan ketidaknyamanan dan tidak percaya diri adalah perasaan selalu merasa tidak cukup atas segala sesuatu yang telah dimiliki. Jadi berusahalah untuk selalu mensyukuri apa yang sudah Anda miliki J

12.  Berpakaian rapi
     
    Hal ini dapat merubah cara dan membawa diri anda sendiri jika berinteraksi dengan orang lain.

13.  Berjalan dengan cepat
      
      Gaya berjalan sangat berbicara banyak tentang kepribadian Anda. Orang dengan rasa percaya diri yang bagus akan berjalan lebih cepat dan lebih optimis.

14.  Berbicaralah dan juga tersenyumlah

15.  Tatap mata lawan bicara Anda
Kontak mata membantu Anda untuk menghilangkan rasa takut jika Anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan Anda dengan lawan bicara Anda.


Bila anda yakin anda sudah membahagiakan orang lain, maka rasa dengan sendirinya percaya diri anda akan timbul dan penghargaan yang anda terima adalah menjadi figur tauladan bagi teman, keluarga dan masyarakan sekitar anda.


SUMBER        :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar