Sabtu, 22 Maret 2014

PENGARUH WARNA TULISAN TERHADAP DAYA INGAT


“PENGARUH WARNA TULISAN TERHADAP DAYA INGAT”



Apa sih hubungannya antara goresan warna pulpen (re: warna tulisan) dengan daya ingat kita ?

Konon katanya (loh kok kayak lagu gini -,-”) kita lebih mudah mengingat sesuatu, jika ada bantuan warna. Bantuan warna di sini maksudnya, kita lebih mudah mengingat suatu kalimat jika tulisan tersebut diberi warna. Ingat gak waktu kita sekolah dulu (sekarang juga masih sekolah sih ,Cuma udah jadi mahasiswi.. hehehe) mungkin kita sering men-stabillo warna-warni catatan penting di buku pelajaran ataupun catatan-catanan di buku tulis, itulah salah satu kegunaan warna untuk memacu ingatan/memori kita.

Lah kok bisa ? katanya sih bukan karena efek warna ,tapi lebih kepada faktor “berbeda”nya dari tulisan atau kalimat yang diberi warna tersebut.

Oke .. karena penasaran aku langsung mencoba benar apa tidak sih warna tulisan berpengaruh terhadap daya ingat ?

Awal-awal sih beli stabilo dulu 1 (miris banget yaa ..hufft~), terus coba distabilo-in deh itu catatan-catatan yang ada di buku (INGAT !! JANGAN SEMUA DI STABILO-IN, CUKUP YANG PENTING-PENTING AJA *kalau semuanya yang di stabilo-in itu sama aja kayak “mewarnai” gambar*).

Kebetulan minggu depan ada ulangan nih (ini pas masih SMA yaa), ini jadi mirip “eksperimen” apakah metode “men-stabilo-in” catatan itu efektif ? JRENG JRENG JRENG !! dan hasilnya EFEKTIF !! ahahaha.. aku sendiri juga bingung sih ,jujur pada saat catatan tidak di stabilo-in agak-agak lupa gitu apa yang udah dibaca, tapi saat catatan sudah distabilo-in jujur saja itu membantu aku untuk mengingat catatan-catatan yang aku pelajari. Amazing gak tuh ? hahaha (hiperbola).

Setelah itu aku pun meminta ke ibu (maklum belom bisa nyari uang jadi masih minta.. hehe) untuk dibelikan pulpen berwana-warni / stabilo warna lainnya untuk catatan-catatan ku seterusnya.

Dan sampai sekarang aku pun masih menggunakan stabilo dalam bentuk pulpen dengan varian warna-warni yang mencolok (warna nge-jreng gitu maksudnya), kenapa warna mencolok ? karena untuk aku itu lebih efektif, jadi saat membaca catatan itu mata jadi tidak monoton dan bisa membangkitkan mood kita. Bisa juga gunakan warna-warna kesukaan mu, jadi biar lebih semangat baca catatan nya kan tulisan / kalimatnya berwarna dengan warna kesukaan kita.

Memang sih cara belajar dan daya ingat setiap orang itu berbeda-beda, tapi kalau untuk aku cara “mewarnai catatan” ini cukup efektif (untuk aku pribadi loh yaa :D).

Contoh         :

tanaman adalah semua subjek usaha tani yang bukan hewan dan dibudidayakan pada suatu ruang atau media yang sesuai untuk usaha itu. Pengertian ini dibedakan dari penggunaan secara awam bahwa tanaman sama dengan tumbuhan. Pada kenyataannya, hampir semua tanaman adalah tumbuhan, tetapi ke dalam pengertian tanaman tercakup pula beberapa fungi (jamur pangan, seperti jamur kancing dan jamur merang) dan alga (penghasil agar-agar dan nori) yang sengaja dibudidayakan untuk dimanfaatkan nilai ekonominya. Tanaman "sengaja" ditanam, sedangkan tumbuhan adalah sesuatu yang muncul atau tumbuh dari permukaan bumi.


Nah, sekarang kita coba.. tulisan tadi kita beri dengan warna-warna yang berbeda, terlihat perbedaannya kan


tanaman adalah semua subjek usaha tani yang bukan hewan dan dibudidayakan pada suatu ruang atau media yang sesuai untuk usaha itu. Pengertian ini dibedakan dari penggunaan secara awam bahwa tanaman sama dengan tumbuhan. Pada kenyataannya, hampir semua tanaman adalah tumbuhan, tetapi ke dalam pengertian tanaman tercakup pula beberapa fungi (jamur pangan, seperti jamur kancing dan jamur merang) dan alga (penghasil agar-agar dan nori) yang sengaja dibudidayakan untuk dimanfaatkan nilai ekonominya. Tanaman "sengaja" ditanam, sedangkan tumbuhan adalah sesuatu yang muncul atau tumbuh dari permukaan bumi.


Nah, berbeda kan sensasi membacanya ? tulisan / kalimat yang berwarna-warni lebih mudah untuk diingat ketimbang dengan yang hanya berwarna “monoton”.






Oke sekian dulu , semoga bermanfaat yaa tulisan ku ini ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar