(PASAR
DOMESTIK)
Garuda Indonesia (IDX: GIAA) (PT
Garuda Indonesa (Persero) Tbk) adalah Maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama
burung mitos dalam legenda pewayangan. Sejak Juni 2007, maskapai ini,
bersama dengan maskapai Indonesia lainnya,dilarang menerbangi rute Eropa karena
alasan keselamatan. Namun, larangan ini dicabut dua tahun kemudian, tahun 2009.
Setahun sebelumnya, maskapai ini telah menerima sertifikasi IATA Operational
Safety Audit (IOSA) dari IATA, yang
berarti bahwa Garuda telah seluruhnya memenuhi standar keselamatan penerbangan
Internasional. Garuda masuk dalam daftar maskapai bintang empat dari Skytrax, yang
berarti memiliki kinerjadan pelayanan yang bagus.
Tahun 2014 Garuda akan bergabung dengan
aliansi penerbangan SkyTeam. Pada
2012,Garuda Indonesia mendapat penghargaan Best International Airline di
antara maskapai-maskapai kelas dunia lainnya dengan 91 persen penumpang
menyatakan sangat puasdengan pelayanan maskapai ini. Garuda juga merupakan
sponsor SEA
Games 2011dantelah
menandatangani perjanjian kerjasama dengan Liverpool
FC Inggris. Pada
tahun2013 Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan "World Best Economic
Class" dan"World Best Economic Seat Class". Garuda Indonesia
menepati posisi ke 8 sebagaimaskapai
penerbanganterbaik versi Skytrax. Bulan Agustus
Garuda Indonesia akanmembuka rute baru ke Papua
Nugini
Segmentasi
Pasar Garuda Indonesia :
Garuda Indonesia memiliki beberapa program
untuk mendukung penjualan dan pemasarannya. Program tersebut bertujuan
untuk meningkatkan kepuasan danloyalitas konsumen, yaitu:
- Program Promosi Mereka mempunyai program promosi
untuk menghasilkan keuntungan sertamenghasilkan pendapatan tambahan dengan
jaringan domestik yang kuat untukterus meningkatkan pangsa pasar domestik
dan internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo termasuk
penerbangan borongan.
- Layanan Konsumen Sistem pelayanan Garuda
Indonesia pada pelanggan yaitu memberikan kepuasankepada pengguna jasa yang
terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaansecara profesional dan
didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi.
PEMASARAN
GARUDA INDONESIA Pada Pasar Domestik :
(Studi Kasus : Rute Jakarta-Denpasar)
Rute penerbangan Jakarta - Denpasar mcrupakan
rute penerbangan yangmemberikan kontribusi revenue dan mempunyai pangsa pasar
yang bcsar pada pasar domestik. Namun, mulai tahun 1991 - 1994, pangsa
pasar Garuda pada ruteini semakin menurun, dimana pertumbuhan pasarnya lebih
rendah dari pada pertumbuhan pasar keseluruhan. Padahal, pesaing potensial
Garuda, yaitu, perusahaan "SG" dapat meraih pangsa pasar yang
semakin meningkat dari tahun1991 sampai dcngan tahun 1994. Hal ini disebabkan
karena strategi yangditerapkan oleh "SG" relatif lebih inovatif
dan agresif bila dibandingkan denganstrategi Garuda. Apabila Garuda tidak
menyusun strategi pemasaran yang tepat,maka diperkirakan untuk niasa datang
pangsa pasar Garuda pada rute ini akansemakin menurun.Karya akhir ini mengambil
topik tentang peramusan strategi pemasaran PT.Garuda Indonesia untuk rute
Jakarta - Denpasar. Langkah-Iangkah dalammenentukan usulan strategi tersebut
adalah berupa analisa karakteristik rutcJakarta - Denpasar, analisa lingkungan
eksternal dan internal, analisa posisistrategik rute Jakarta - Denpasar,
penentuan strategi utama, penentuan target pasar, dan perumusan strategi
bauran pemasaran.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka sasaran
strategi yang disarankan
untuk rute ini adalah mempertahankan pangsa
pasar dan posisi sebagai pemimpin pasar.Untuk mencapai sasaran tersebut,
maka terdapat beberapa alternatif strategi yangdapat dilakukan, yaitu sebagai
berikut:
• meningkatkan kualitas produk
• meningkatkan difcrensiasi produk
• meningkatkan usaha promosi
• menentukan harga yang bcrsaing
Strategi pemasaran yang dilakukan
adalah Strategi pemasaran total, yaitu Garudamelayani semua segmen pasar yang
ada, baik penumpang dengan tujuan bisnis, penumpang dengan tujuan
wisatawan, maupun penumpang dengan tujuan pribadi.Strategi tersebut
kemudian dijabarkan ke dalam strategi bauran pemasaran, yangmeliputi strategi
produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi.
Perdagangan
domestik
melibatkan kegiatan niaga di dalam negeri suatu wilayah dan biasanya
menggunakan mata uang negara yang bersangkutan. Aktivitas perniagaannya
dilindungi Undang-Undang Perdagangan negara yg bersangkutan.
Contoh aktivitasnya, pedagang sapi Madura
bertransaksi dengan pembeli dari Aceh.
Berbeda dengan pasar global, kegiatan niaganya melibatkan dua pihak atau lebih, dan bersifat lintas negara. Konsekuensinya, mata uang yg digunakan pun mata uang yg diterima luas secara internasional (berurutan dari US Dollar, Euro, Pounsterling UK, Yen Jepang, Franc Swiss, Renminbi China), berdasarkan kesepakatan pihak yg bertransaksi. Undang-undang yg melindungi kegiatan perdagangan global meliputi Undang-undang perdagangan Internasional (diatur oleh WTO) dan Undang-undang perdagangan masing-masing negara.
Berbeda dengan pasar global, kegiatan niaganya melibatkan dua pihak atau lebih, dan bersifat lintas negara. Konsekuensinya, mata uang yg digunakan pun mata uang yg diterima luas secara internasional (berurutan dari US Dollar, Euro, Pounsterling UK, Yen Jepang, Franc Swiss, Renminbi China), berdasarkan kesepakatan pihak yg bertransaksi. Undang-undang yg melindungi kegiatan perdagangan global meliputi Undang-undang perdagangan Internasional (diatur oleh WTO) dan Undang-undang perdagangan masing-masing negara.
Contoh aktivitasnya, kita membeli barang
Online lewat situs www.amazon.com
Segmentasi Pasar
Global
Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam
kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk
atau pemasar yang terpisah.
1.Pemasaran Massal
(Mass Marketing): penjual memproduksi,
mendistribusi- kan, dan mempromosikan secara massal sebuah produk kepada
seluruh pembeli.Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya
paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi.
2. Pemasaran Segmen : Peursahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam
kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang
lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar
lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen.
3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas.
Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya
diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen
4.Pemasaran
Mikro : Praktik penyesuaian produk dan
program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar