Sabtu, 05 April 2014

Antara Manfaat dan Bahaya dari Sinar Matahari

“Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan”


Hay ladies, sinar matahari ternyata ada manfaat dan juga bahayanya loh, untuk manfaatnya sendiri setahu ku sih saat sinar matahari pagi maksimal hanya sampai jam 10 pagi saja, karena lewat dari jam tersebut sinar matahari akan berdampak negatif loh.

Untuk manfaatnya, seperti yang dikutip dari liebynews berikut :


SEJUTA MANFAAT SINAR MATAHARI PAGI UNTUK KESEHATAN

Banyak orang yang menganggap sinar matahari adalah musuh bagi kulit, mereka beranggapan bahwa kulit akan terbakar dan menjadi rusak jika terlalu lama terkena sinar matahari. Ya.. anggapan seperti itu memang tidak sepenuhnya salah, namun sinar matahari yang merupakan musuh bagi kulit adalah sinar matahari pada siang hari. Pada siang hari sinar matahari banyak mengandung UV yang berbahaya bagi kulit.

Namun jika kita ingin memperoleh manfaat kesehatan dari matahari, maka sinar matahari pagi adalah jawabannya. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sang surya. Apa manfaat sinar matahari pagi bagi kita? Ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan, antara lain :

1.     Tulang kuat
Saat mentari mulai terbit (sekitar pukul 7 pagi s/d 9 pagi) kita dapat berjemur untuk memperoleh vitamin D yang diperlukan oleh tubuh kita. Wajah, leher, lengan dan kaki yang terkena sinar matahari akan mampu memproduksi vitamin D yang mempromosikan kesehatan kulit. Selain itu vitamin D juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

2.     Menimbulkan perasaan nyaman
Dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi akan membuat suasana hati kita lebih tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi mampu merangsang pembentukan serotonin yang merupakan kontributor untuk perasaan nyaman dan tenang.

3.     Mencegah depresi
Sinar matahari pagi mampu sebagai fasilitator yang baik untuk melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti-depresi. Dengan mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup, maka akan memperkecil kemungkinan terkena depresi.

4.     Melancarkan peredaran darah
Sinar matahari pagi mampu melebarkan pembuluh darah di kulit. Kabar baiknya adalah, dengan lebarnya pembuluh darah dikulit maka darah akan mampu membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel. Hal ini akan mempromosikan jantung sehat.

5.     Kesehatan kulit
Ini adalah kabar baik bagi mereka yang sangat takut terkena jerawat. Menurut sebuah penelitian, sinar matahari pagi mampu mengurangi resiko untuk terkena jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, dengan kulit yang sehat maka kemungkinan untuk terkena jerawat dapat diminimalisir.

6.     Menghindari kanker
Vitamin D dipercaya mampu menangkal berbagai macam virus yang merupakan penyebab penyakit kanker.

7.     Mencegah diabetes
Menurut sebuah penelitian, sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga akan dapat meminimalisir penyakit diabetes.

8.     Meningkatkan kekebalan
Tubuh kita akan dapat memproduksi sel darah putih dengan baik jika mendapatkan bantuan dari sinar matahari. Dengan produksi sel darah putih yang cukup, akan dapat menangkal berbagai macam virus dan bakteri penyebab penyakit.


Nah, itu dia manfaat dari sniar matahari pagi. Dari manfaat, kita beralih ke bahaya dari sinar matahari , seperti yang dikutip dari thecrowdvoice.com berikut :


5 BAHAYA SINAR MATAHARI !

Sinar matahari memang mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan. Namun berbeda jika sinar matahari terik di siang hari yang langsung menampar wajah Anda. Sinar tersebut tidak baik untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati ketika beraktifitas di luar pada saat sinar terik. Gunakanlah tabir surya dan pelindung lainnya yang dapat menghalangi sinar matahari bertemu kulit Anda secara langsung. Berikut adalah 5 efek berbahaya sinar matahari. 

Ø Luka bakar, lecet dan kanker kulit 
Sinar matahari mengandung radiasi UVA, UVB dan UVC yang berbahaya untuk kulit dan kesehatan. Akibat radiasi sinar matahari adalah bintik-bintik merah seperti luka bakar, atau menyebabkan bengkak. Yang paling menakutkan adalah menyebabkan kanker kulit pada tahapan tertentu. 


Ø Penuaan dini dan keriput 
Penuan dini adalah salah satu efek bahaya dari sinar matahari. Tamparan terik sinar matahari dalam waktu yang berkepanjangan akan menyebabkan perubahan yang nyata pada kulit. Kulir akan menjadi bergelambir, keriput dan kasar. Dan ketahuilah, hampir 80%% penuaan kulit disebabkan oleh sinar matahari. Sinar UVA memecah struktur kolagen yang menyebabkan keriput dan hilangnya kemampuan untuk memperbaiki kulit secara alami. 

Ø Bintik-bintik pada kulit 
Terlalu lama di bawah terik matahari akan menyebabkan munculnya bintik-bintik pada kulit yang akan merusak keindahan kulit Anda. Bintik-bintik tersebut sering terbentuk pada wajah, tangan, telapak dan kaki. Bahkan bisa Anda lihat orang yang sering berjemur seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik. 

Ø Kulit menjadi gelap 
Perubahan kulit yang menjadi cokelat dan gelap adalah pertanda kerusakan kulit. Kulit Anda memproduksi pigmen gelap yang menggelapkan kulit Anda hanya untuk melindungi diri dari sinar Ultra Violet. Sengaja mencoklatkan kulit di bawah sinar matahari juga tidak sehat.

Ø Kornea rusak dan katarak 
Terkena terik sinar matahari


Nah, itu dia manfaat dan bahaya dari sinar matahari, semoga bermanfaat yaa J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar