Sabtu, 12 November 2011

TUGAS 1 – Perbedaan & Persamaan IBD dengan IPS

Nama           : Indah Restu Anjani
NPM           : 13211571
Kelas           : 1EA19
Mat-Kul       : Ilmu Budaya Dasar-SoftSkill

ILMU BUDAYA DASAR

Menurut saya, ILMU BUDAYA DASAR yaitu Basic Humanitiesm -> The Humanities (Humanus) yang artinya manusia berbudaya dan halus yang berkaitan dengan nilai-nilai manusia. Sedangkan, kalau ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Social Science) yaitu Bertujuan untuk menganalisa keteraturan atau kebiasaan yang terdapat dalam hubungan antar manusia dalam bermasyarakat dan hasil penelitiannya atau penganalisaannya tidak mungkin 100% benar, namun hanya mendekati kebenaran.

PERBEDAAN Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial :
·         Kalau Ilmu Budaya Dasar (IBD) diberikan pada tingkat perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.

·         Kalau Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan mata kuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah kelompok atau gabungan dari sejumlah mata pelajaran. Diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.

·         Kalau Ilmu Budaya Dasar (IBD) memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki tujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

PERSAMAAN Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial :

·         Ilmu Budaya Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran.

·         Ilmu Budaya Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

·         Ilmu Budaya Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat.

Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar