Jumat, 18 November 2011

TUGAS 6 - Perbedaan antara PANDANGAN HIDUP dgn. CITA-CITA


Nama          : Indah Restu Anjani
NPM           : 13211571
Kelas           : 1EA19
Mat-Kul       : Ilmu Budaya Dasar – SoftSkill

“Perbedaan antara PANDANGAN HIDUP dgn. CITA-CITA”

PANDANGAN HIDUP

Setiap manusia mempunyai pandangan hidupnya masing-masing. Pandangan hidup itu merupakan sesuatu yang sulit untuk dikatakan, karena terkadang pandangan hidup hanya merupakan suatu idealisme belaka yang mengikuti kebiasaan pola berpikir dalam masyarakat. Pandangan hidup merupakan pegangan atau petunjuk hidup didunia.

Pandangan hidup dari tiap-tiap orang itu bisa berbeda dan bisa juga sama. Akan tetapi dari sana terdapat pengklasifikasian dari pandangan hidup tersebut, yang terdiri dari 3 macam, yaitu :

1.     Pandangan hidup berasal dari agama , merupakan pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2.     Pandangan hidup ideologi, merupakan pandangan hidup yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma dari negara tersebut.
3.     Pandangan hidup hasil renungan, merupakan pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Pandangan hidup itu pada dasarnya memiliki unsur-unsur, yaitu:
Cita-cita
Kebajikan
Usaha
Keyakinan

Pandangan hidup yang teguh akan menjadi pelindung bagi orang tersebut. Dengan memegang teguh pandangan hidup yang ia yakini, maka orang tersebut tidak akan bertindak sesuka hatinya.

Seseorang yang mempunyai pandangan hidup yang teguh, tidak akan gegabah bila menghadapi masalah, hambatan, tantangan, dan gangguan, serta kesulitan yang dihadapinya.

CITA-CITA

Cita-cita merupakan unsur dari pandangan hidup, yang merupakan mimpi kita dimasa yang akan datang nantinya. Cita-cita merupakan kunci sukses kita dimasa depan. Cita-cita yang baik adalah cita-cita yang dapat dicapai melalui kerja keras, kreativitas, inovasi serta dukungan dari orang lain. Dalam bercita-cita sebaiknya kita jangan terlalu fanatik, karena apabila cita-cita yang kita inginkan tidak dapat tercapai, maka akan menyebabkan depresi dan stres.

Tidak semua orang bisa menentukan cita-cita, karena itu bercita-citalah untuk menjadi orang yang berguna dan dicintai orang banyak dengan hidup yang berkecukupan.

Anda pasti sering mendengar kata-kata "Raih-lah cita-cita mu setinggi langit", maksudnya bukan berarti harus kelangit sana, tetapi maksudnya adalah kita harus mempunyai cita-cita yang tinggi ,karena itu dapat menjadi motivasi kita untuk meraih dan menggapai cita-cita yang kita inginkan dimasa depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar