Sabtu, 19 November 2011

TUGAS 7 - Cara untuk mengatasi Kegelisahan yg sedang dirasakan


Nama          : Indah Restu Anjani
NPM           : 13211571
Kelas           : 1EA19
Mat-Kul       : Ilmu Budaya Dasar – SoftSkill

“Cara Mengatasi Kegelisahan Yang Sedang Dirasakan”

Kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan bahwa seseorang sedang mengalami stress, gugup, dan khawatir.

Sigmon Freud seorang ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada 3 macam kecemasan yang menimpa manusia ,yaitu :

¤ Kecemasan Tentang Kenyataan : Suatu kenyataan yang pernah dialami oleh seseorang dimasa lalu-nya yang membuat orang tersebut menjadi shocked karenanya.

¤ Kecemasan Neoritis : Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, takut akan hal yang dibayangkannya, atau takut akan dirinya sendiri sehingga menekan ego. Kegelisahan ini akan membuat seseorang menjadi gelisah akan sesuatu hal yang buruk yang sedang dibayangkannya akan menjadi sebuah kenyataan.

¤ Kecemasan Moril : Kecemasan moril sendiri disebabkan oleh pribadi seseorang, dimana setiap pribadi memiliki berbagai macam emosi, seperti : iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, rasa kurang, cinta. Sifat-sifat seperti itu adalah sifat yang tidak terpuji bahkan mengakibatkan manusia merasa khawatir, takut, cemas, gelisah, dan putus asa.

Penyebab Kegelisahan :
Apabila kita mengkaji-nya, sebab-sebab orang gelisah adalah karena mereka takut akan kehilangan berbagai macam hak-nya, seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain.

Cara Mengatasi Kegelisahan :
Cara mengatasi kegelisahan ini, pertama-tama harus dimulai dari diri kita sendiri, yaitu harus bersikap tenang. Karena dengan bersikap tenang, maka pikiran-pun akan ikut tenang, dan masalah-masalah pun dapat teratasi.

Kalau merasa gugup atau gelisah, tarik nafas untuk menenangkan diri, dengan cara bernafas secara perlahan dan dalam.

Mendengarkan musik yang berirama atau bernada lembut ,karena tanpa disadari musik yang kita dengar dapat mempengaruhi emosional kita.

Minum air hangat juga sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, yang tadinya tegang karena merasa gelisah.

Dan solusi yang paling ampuh untuk mengatasi kegelisahan adalah dengan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita pasrahkan nasib kita sepenuhnya hanya kepada-Nya. Kita harus percaya bahwa Tuhan –lah Yang Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pengampun, dan Maha segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar