Selasa, 15 November 2011

TULISAN 1 - MENGENAL ILMU BUDAYA DASAR

Nama    :         Indah Restu Anjani
NPM     :         13211571
Kelas     :         1EA19
Mat-Kul :         Ilmu Budaya Dasar - SoftSkill

"Mengenal Ilmu Budaya Dasar"


Bisa dikatakan kalau the humanities itu berkaitan erat dengan nilai-nilai manusia sebagai makhluk yang berbudaya. Agar manusia dapat menjadi humanus, mereka harus mempelajari suatu ilmu, yaitu the humanities, disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, tapi mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah atau hubungan antara manusia dengan budaya.

Latar belakang ilmu budaya dasar dari segi budaya, negara, dan masyarakat di Indonesia yang berkaitan dengan permasalahan, yaitu :

Di Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan beraneka ragam budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari primodial kesukuan dan kedaerahan.

Proses pembangunan ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif, yaitu dengan terjadinya perubahan dan pergeseran dari sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental dari manusiapun akan terkena pengaruhnya. Akibat yang lebih jauh dari pembeturan nilai budaya tersebut, maka akan timbul konflik di dalam kehidupan.

Kemajuan dari ilmu pengetahuan dalam teknologi, maka menimbulkan perubahan kondisi di kehidupan manusia, serta dapat menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia akan merasa bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya sendiri. Karena itu, hal ini merupakan akibat dari sifat ambivalen teknologi,  disamping memiliki dampak yang positif, hal ini juga memiliki dampak negatif dari teknologi tersebut, dan manusia kini menjadi resah dan gelisah.

Tujuan dari ilmu budaya dasar, yaitu :

Lebih mengenal didalam dirinya sendiri maupun diri orang lain yang sebelumnya hanya mengenal luarnya saja.

Untuk mengenal perilaku sendiri maupun perilaku orang lain.

Sebagai bekal penting dalam pergaulan hidup atau bermasyarakat.

Perlunya bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan dari manusia ,serta mau tahu perilaku dari manusia tersebut.

Dapat tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam lagi, sehingga dapat lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku dari manusia dan ketentuan yang telah diciptakannya.

Dapat memiliki penglihatan yang jelas pemikirannya, serta yang mendasar  yang mampu menghargai budaya yang ada disekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa sendiri, serta ikut melestarikan budaya dari nenek moyang leluhur kita yang sangat luhur nilainya.

Tidak terbawa kedalam sifat-sifat yang kedaerahan dan kekotaan.

Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar, antara lain :

Berbagai aspek dikehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang bisa didekati menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari aspek masing-masing disiplin dalam pengetahuan budaya, maupun secara antar bidang berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

Manusia memiliki hakekat yang satu atau universal, akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan dari masing-masing jaman dan tempat.


Referensi : http://www.anneahira.com/ilmu/ilmu-budaya-dasar.htm                  
 http://fahmifathullah.ngeblogs.com/2010/03/12/mengenal-ilmu-budaya-dasar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar