Sabtu, 22 November 2014

CONTOH (STUDI KASUS) PASAR DOMESTIK & PASAR GLOBAL

CONTOH PERUSAHAAN
(PASAR DOMESTIK)


Garuda Indonesia (IDX: GIAA) (PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk) adalah Maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Sejak Juni 2007, maskapai ini, bersama dengan maskapai Indonesia lainnya,dilarang menerbangi rute Eropa karena alasan keselamatan. Namun, larangan ini dicabut dua tahun kemudian, tahun 2009. Setahun sebelumnya, maskapai ini telah menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA, yang berarti bahwa Garuda telah seluruhnya memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional. Garuda masuk dalam daftar maskapai bintang empat dari Skytrax, yang berarti memiliki kinerjadan pelayanan yang bagus. 
Tahun 2014 Garuda akan bergabung dengan aliansi penerbangan SkyTeam. Pada 2012,Garuda Indonesia mendapat penghargaan Best International Airline di antara maskapai-maskapai kelas dunia lainnya dengan 91 persen penumpang menyatakan sangat puasdengan pelayanan maskapai ini. Garuda juga merupakan sponsor  SEA Games 2011dantelah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Liverpool FC Inggris. Pada tahun2013 Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan "World Best Economic Class" dan"World Best Economic Seat Class". Garuda Indonesia menepati posisi ke 8 sebagaimaskapai penerbanganterbaik versi Skytrax. Bulan Agustus Garuda Indonesia akanmembuka rute baru ke Papua Nugini
 Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Garuda_Indonesia

Segmentasi Pasar Garuda Indonesia :
Garuda Indonesia memiliki beberapa program untuk mendukung penjualan dan pemasarannya. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan danloyalitas konsumen, yaitu:
- Program Promosi Mereka mempunyai program promosi untuk menghasilkan keuntungan sertamenghasilkan pendapatan tambahan dengan jaringan domestik yang kuat untukterus meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo termasuk penerbangan borongan.
- Layanan Konsumen Sistem pelayanan Garuda Indonesia pada pelanggan yaitu memberikan kepuasankepada pengguna jasa yang terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaansecara profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi.


PEMASARAN GARUDA INDONESIA Pada Pasar Domestik :
(Studi Kasus : Rute Jakarta-Denpasar)
Rute penerbangan Jakarta - Denpasar mcrupakan rute penerbangan yangmemberikan kontribusi revenue dan mempunyai pangsa pasar yang bcsar pada pasar domestik. Namun, mulai tahun 1991 - 1994, pangsa pasar Garuda pada ruteini semakin menurun, dimana pertumbuhan pasarnya lebih rendah dari pada pertumbuhan pasar keseluruhan. Padahal, pesaing potensial Garuda, yaitu, perusahaan "SG" dapat meraih pangsa pasar yang semakin meningkat dari tahun1991 sampai dcngan tahun 1994. Hal ini disebabkan karena strategi yangditerapkan oleh "SG" relatif lebih inovatif dan agresif bila dibandingkan denganstrategi Garuda. Apabila Garuda tidak menyusun strategi pemasaran yang tepat,maka diperkirakan untuk niasa datang pangsa pasar Garuda pada rute ini akansemakin menurun.Karya akhir ini mengambil topik tentang peramusan strategi pemasaran PT.Garuda Indonesia untuk rute Jakarta - Denpasar. Langkah-Iangkah dalammenentukan usulan strategi tersebut adalah berupa analisa karakteristik rutcJakarta - Denpasar, analisa lingkungan eksternal dan internal, analisa posisistrategik rute Jakarta - Denpasar, penentuan strategi utama, penentuan target pasar, dan perumusan strategi bauran pemasaran.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka sasaran strategi yang disarankan

untuk rute ini adalah mempertahankan pangsa pasar dan posisi sebagai pemimpin pasar.Untuk mencapai sasaran tersebut, maka terdapat beberapa alternatif strategi yangdapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:
• meningkatkan kualitas produk 
• meningkatkan difcrensiasi produk 
• meningkatkan usaha promosi
• menentukan harga yang bcrsaing
 Strategi pemasaran yang dilakukan adalah Strategi pemasaran total, yaitu Garudamelayani semua segmen pasar yang ada, baik penumpang dengan tujuan bisnis, penumpang dengan tujuan wisatawan, maupun penumpang dengan tujuan pribadi.Strategi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam strategi bauran pemasaran, yangmeliputi strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi.



Perdagangan domestik melibatkan kegiatan niaga di dalam negeri suatu wilayah dan biasanya menggunakan mata uang negara yang bersangkutan. Aktivitas perniagaannya dilindungi Undang-Undang Perdagangan negara yg bersangkutan.
Contoh aktivitasnya, pedagang sapi Madura bertransaksi dengan pembeli dari Aceh.

Berbeda dengan pasar global, kegiatan niaganya melibatkan dua pihak atau lebih, dan bersifat lintas negara. Konsekuensinya, mata uang yg digunakan pun mata uang yg diterima luas secara internasional (berurutan dari US Dollar, Euro, Pounsterling UK, Yen Jepang, Franc Swiss, Renminbi China), berdasarkan kesepakatan pihak yg bertransaksi. Undang-undang yg melindungi kegiatan perdagangan global meliputi Undang-undang perdagangan Internasional (diatur oleh WTO) dan Undang-undang perdagangan masing-masing negara.
Contoh aktivitasnya, kita membeli barang Online lewat situs www.amazon.com

Segmentasi Pasar Global
Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk atau pemasar yang terpisah.
1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual memproduksi, mendistribusi- kan, dan mempromosikan secara massal sebuah produk kepada seluruh pembeli.Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi.
2. Pemasaran Segmen : Peursahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen.
3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen

4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.

Sumber           : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global



Tidak ada komentar:

Posting Komentar