Nama : Indah Restu Anjani
NPM : 13211571
Kelas : 3EA17
Mat-Kul : Softskill - Perilaku Konsumen
BAB 1
Pendahuluan
Pada
materi ini kita akan mengetahui apa yang dipelajari dalam perilaku konsumen dan
akhirnya kita dapat mengenal dengan benar siapa sebenarnya konsumen.
Siapa
saja yang dapat dikatakan sebagai Konsumen ? Apa Yang Dimaksud Dengan Perilaku
Konsumen ?
Konsumen adalah setiap orang yang memakai
barang / jasa yang tersedia dalam masyarakat ,baik untuk di gunakan diri sendiri, keluarga,
maupun orang lain dan tidak untuk
diperdagangkan kembali. Apabila konsumen tersebut membeli dengan tujuan
untuk menjual produk itu kembali, maka konsumen tersebut disebut sebagai
distributor.
Pengertian perilaku konsumen itu sendiri adalah proses dan aktivitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginannya.
v Beberapa ahli
mendefinisikan Perilaku Konsumen sebagai berikut:
a. Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi
tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan
perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
b. Menurut Lamb, Hair dan Mc.Daniel menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah
proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan
serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan
produk.(Rangkuti,2002:91).
c. Menurut Engel, Blackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
v Ada beberapa
hal yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu:
1.
Konsumen adalah Raja
Ia memiliki kemampuan penuh untuk menyaring
semua upaya untuk mempengaruhi, dengan hasil bahwa semua yang dilakukan oleh
perusahaan harus disesuaikan dengan motivasi dan perilaku konsumen.
2.
Motivasi dan perilaku konsumen dapat dipahami
melalui penelitian.
Hal-hal yang berkaitan dengan motivasi dan
perilaku dapat diketahui melalui penelitian, sehingga penelitian ini dipakai
sebagai acuan dalam membuat program pemasaran, perencanaan periklanan,
perencanaan promosi sehingga hal-hal yang terjadi pada masa yang akan datang
dapat diprediksi.
a) proses pengambilan
keputusan,
b) kegiatan fisik
yang melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan dan menggunakan barang dan
jasa ekonomis (Swastha, 1990).
v Sebagai konsumen, kita
haruslah cerdas dan paham perlindungan konsumen. Berikut adalah 10 ciri-ciri
nya:
1) Teliti sebelum
membeli produk
2) Baca panduan
cara penggunaan produk
3) Amati apakah
ada kartu garansi
4) Timbangan yang
adil
5) Pengaduan jika
ditemukan hal yang tidak beres
6) Memperhatikan tanggal
kadaluarsa
7) Merupakan produk
SNI
8) Kualitas mutu
K3L
9) Membeli produk
dalam negeri
10)
Tegakkan hak
dan kewajiban konsumen
v Faktor-faktor yang paling mempengaruhi
perilaku konsumen di Indonesia adalah :
ü Faktor Budaya
ü Faktor Sosial
ü Faktor Pribadi
Dalam buku Marketing Management:
Twelfth Edition oleh Philip Kolter dan Kevin
Lane Keller pada tahun 2006, perilaku pembelian konsumen sebenarnya di
pengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis.
Sedangkan faktor yang paling berpengaruh dan
paling luas dan paling dalam adalah faktor budaya.
v Penelitian konsumen sebagai
suatu bidang yang dinamis:
Konsumen sebagai ilmu yang dinamis
dikarenakan proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen,
kelompok konsumen, dan perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara
konstan. Sifat yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi
pemasaran menjadi sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi dapat
berhasil pada suatu saat dan tempat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat
lain. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi
secara berkala untuk meraih konsumennya.
REFERENSI
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar