Nama : Indah Restu Anjani
NPM : 13211571
Kelas : 3EA17
Mat-Kul :
Softskill - Perilaku Konsumen
TULISAN 8
BAB 8
SIKAP KONSUMEN
I.
DEFINISI
SIKAP KONSUMEN
Sikap
merupakan kecenderungan yang dipelajari, ini berarti bahwa sikap yang berkaitan
dengan perilaku membeli terbentuk sebagai hasil dari pengalaman langsung
mengenai produk, informasi secara lisan yang diperoleh dari orang lain atau
terpapar oleh iklan di media masa, internet dan berbagai bentuk pemasaran
langsung. Menurut Gordon Allpor dalam Hartono Sastro wijoyo(2005), Sikap adalah
Mempelajari kecenderungan memberikan tanggapan pada suatu obyek baik disenangi
maupun tidak disenangi secara konsisten.
II.
FUNGSI-FUNGSI
SIKAP
Daniel Kazt mengklasifikasikan
empat fungsi sikap yaitu :
1) Fungsi Utilitarian
Fungsi yang
berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar imbalan dan hukuman. Dalam hal ini
menjelaskan beberapa sikap konsumen yang berkembang terhadap suatu produk.
Sikap konsumen yang menyenangkan atau mengecewakan pada produk yang akan
menjadi perkembangan sikap. Jika konsumen merasakan obat sakit kepala mampu
menghilangkan rasa sakit dengan cepat, maka konsumen akan mengembangkan sikap
positif pada obat tersebut, dan sebaliknya. Oleh karena itu, iklan pada suatu
produk harus berisi manfaat (utility) yang bisa diperoleh oleh konsumen.
2) Fungsi Ekspresi Nilai
Sikap yang
dikembangkan oleh konsumen terhadap suatu merek produk yang didasarkan oleh
kemampuan merek produk itu mengekspresikan nilai-nilai yang ada pada dirinya
(self-concept). Ketika konsumen membeli mobil mewah BMW, maka pusat perhatian
yang utama adalah gengsi kelas sosial bukan manfaat produk itu.
3) Fungsi Mempertahankan Ego
Sikap yang
dikembangkan oleh konsumen cenderung untuk melindunginya dari tantangan
eksternal maupun perasaan internal, sehingga membentuk fungsi mempertahankan
ego. Ketika konsumen merasakan bahwa dirinya kurang maskulin, maka konsumen
akan berusaha mencari produk atau merek produk yang mampu meningkatkan rasa maskulinitasnya
misalnya dengan menghisap rokok atau minuman alkohol. Dengan begitu, akan
tantangan dari internal tersebut terpenuhi.
4) Fungsi Pengetahuan
Sikap
membantu konsumen mengorganisasikan informasi yang begitu banyak yang setiap
hari dipaparkan pada dirinya. Dari seluruh informasi itu, konsumen
memilah-milah informasi yang relevan dan tidak relevan dengan kebutuhannya.
Fungsi pengetahuan juga bisa membantu mengurangi ketidakpastian dan
kebingungan.
III.
TIGA
KOMPONEN SIKAP
Sikap
mempunyai tiga komponen utama:
·
Kesadaran
IV.
PERAN
SIKAP dalam PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
Pengukuran sikap konsumen bagi pemasaran
merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui sikap, pemasar dapat
mengidentifikasi segmen manfaat, mengembangkan produk baru dan memformulasikan
serta evaluasi strategi promosional. Sikap konsumen terhadap suatu produk dapat
bervariasi bergantung pada apa yang menjadi orientasi. Berkenaan dengan sikap,
pemasar diharapkan mengidentifikasi segmen konsumen berdasarkan manfaat produk
yang diinginkan oleh konsumen. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan
terlebih dahulu mengetahui sikap konsumen. Mengukur sikap konsumen bisa
dilakukan dengan cara menyebarkan kuisoner kepada kelompok konsumen sasaran
yang sebelumnya telah diidentifikasi. Dengan adanya kuisoner dapat mengukur
sikap konsumen, tetapi tidak hanya berhenti sampai disitu saja, sikap konsumen
perlu terus menerus dipantau agar produk yang dikembangkan benar-benar
memenuhi keinginan konsumen. Sikap konsumen merupakan hal yang sangat
penting dalam pengembangan strategi promosi. Dengan mengikuti apa yang
diinginkan konsumen akan memudahkan bagi pihak promosi untuk membuat iklan yang
menarik perhatian.
V.
HUBUNGAN
ANTARA SIKAP dan PERILAKU
Bagian terpenting dari bagian pemasaran
adalah bagaimana kepercayaan mempengaruhi sikap terhadap merek dan bagaimana
sikap terhadap merek mempengaruhi perilaku. Hubungan di antara ketiga hal itu
sangat penting bagi pemasar karena akan menentukan strategi pemasaran yang
berhasil. Dengan kepuasan pada suatu produk dapat memperkuat sikap dan
mempertinggi probabilitas pembelian produk kembali.
VI.
MEMPREDIKSI
PERILAKU dengan SIKAP
Terdapat
enam faktor yang mempengaruhi kemampuan sikap dalam memprediksi perilaku,
antara lain:
a) Tingkat
Keterlibatan Konsumen
b) Pengukuran
sikap
c) Pengaruh
orang lain
d) Faktor
situasional
e) Pengaruh
merek lain
f) Kekuatan
sikap
VII.
MODEL
PERUBAHAN KEPERCAYAAN, SIKAP dan PERILAKU
Yang sangat penting dalam memahami peran
sikap dalam perilaku konsumen adalah pengertian mengenai struktur dan komposisi
sikap. Terdapat empat kategori besar model sikap, yaitu:
1.
Model Sikap
Tiga Komponen
Sikap ini terdiri dari tiga komponen utama,
yaitu:
a) Komponen
kognitif
b) Komponen
afektif
c) Komponen
perilaku
2.
Model Sikap
Multi Atribut
Model ini
digunakan dengan maksud agar diperoleh konsistensi antara sikap dan
perilakunya, sehingga mode Fishbein ini memiliki dua komponen, yaitu kompenen
sikap dan komponen norma subyektif yang penjelasannya disajikan berikut ini :
a) Komponen
sikap
b) Komponen
norma subyektif
Secara
singkat terdapat tiga model dalam model sikap sikap multi atribut Fishbein,
yaitu:
·
Model sikap terhadap obyek,
·
Model sikap terhadap perilaku,
·
Teori model tindakan yang beralasan,
3.
Teori Usaha
Mengkonsumsi
Suatu teori sikap yang dirancang untuk
menjelaskan berbagai kasus di mana tindakan atau outcome tidak pasti, tetapi
sebaliknya merefleksikan usaha konsumen untuk mengkonsumsi merupakan (atau
membeli). Dimaksudkan untuk menerangkan berbagai kejadian dari tindakan atau
hasil tindakan yang tidak pasti tetapi sebaliknya kejadian tersebut
mencerminkan usaha konsumen untuk mengkonsumsi atau membeli.
4.
Model Sikap
terhadap Iklan
Dalam usaha memahami dampak iklan atau sarana
promosi lainnya seperti katalog pada sikap konsumen pada berbagai produk atau
merek tertentu. Konsumen membentuk berbagai perasaan (pengaruh) dan
pertimbangan kognisi sebagai akibat keterbukaan terhadap iklan. Perasaan dan
pertimbangan ini akhirnya mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan dan keyakinan
terhadap merek yang diperoleh dari iklan.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar