Sabtu, 25 Juli 2015

CARA MENGATASI CHARGER LAPTOP YANG TIDAK MAU MENGISI DAYANYA (PLUGGED IN, NOT CHARGING)

CARA MENGATASI CHARGER LAPTOP YANG TIDAK MAU MENGISI DAYANYA
(PLUGGED IN, NOT CHARGING)


Kalian pasti heran kenapa tiba-tiba gue nulis soal charger laptop kan ? *yaa kaliii~*

Gue ngeposting tulisan ini karna barusan aja gue panik bukan main saat tau kalo chargeran laptop gue ini gak mau ngisi daya’nya, jadi rencananya kan gue lagi mau bikin slide presentasi buat sidang, nah sebelom gue nyalain laptop, gue punya inisiatif ...*duileh gayanye*... buat ngecharge nih laptop dulu, seenggaknya bisa gue bawa ke depan tipi sembari ngerjain slide presentasinya, nah pas gue charge awal sih lampu indikator charge di laptop nyala tuh warna merah keorange-orange’an ..*warna apaan dah -.-“*... eh pas sekitar udah sejam gue tengok kok lampu indikator di laptop gue gak nyala yaak :-O ...*panik bukan kepalang~*...

Udah gue coba cabut dulu trus gue colok lagi, beberapa kali gue ulang tetep aja gak nyala, trus pas gue nyalain laptopnya gue liat batrenya udah keisi 90% , nah tp tulisannya itu “Plugged In, Not Charging” !!

NAHLOH !! ...*pasang muka sepanik-paniknya*...

Udah lemes banget dah gue, ngeri kalo sampe ini laptop rusak gue pake apaan ntar pas sidang :’( ,,ditambah adek gue pake bilang kalo ini berarti laptop gue yang udah rusak, LAH !! laptopnya mah berfungsi normal, Cuma ini kok gak mau ngecharge gitu,, akhirnya laptop gue shut down, dari pada udah gak bisa ngecharge trus batrenya abis ??? makin pening dah pala gue -,-“

Terus gue kepikiran buat googling nyari penyebab kenapa charger laptop gak mau ngisi daya’nya,, trus gue nemu dah tuh dari beberapa sumber cara mengatasinya,, ini dia cara-caranya :  


CARA yang ke-1  :           RESTART LAPTOP ANDA


(ini tampilan di laptop gue)

Yaa... walaupun ini merupakan cara yang sederhana tapi jujur aja, setiap laptop gue lagi ngambek aka lemot gitu, gue sering restart laptop gue 2x, abis itu Alhamdulilah laptop jadi gak lemot.. nyahahaha~

Nah hal ini udah gue coba tadi, ampe gue restart 4x ada kali tapi tetep aja gak ngefek ...hufft~


CARA yang ke-2 :           PERIKSA BATERAINYA




Yang gue baca dari berbagai sumber, katanya lepas baterainya, mungkin debu menumpuk atau baterainya gak kepasang dengan benar.
Lah ini gue gak ngerti dah gimana nyopotin batre laptop gue -.-“ jujur aje dah, gue gak pernah nyopot-nyopot batre laptop gue.. wkwkwk jadi cara ini gue skip aja.. hahahah


CARA yang ke-3  :           PERIKSA KABELNYA




P.S       : berhubung kabelnya masih dipake buat ngecharge laptop, jadi picture / foto kabelnya gue copy dari sumber yang udh gue cantumkan diatas yaak ;)


Nah !! CARA INI YANG AMPUH BUAT LAPTOP GUE TADI... wkwkwkwk
Jadi pas abis baca dari berbagai sumber soal baterai yang berdebu, buru-buru deh gue copot kabel chargeran laptop gue, berhubung gue gak ngerti nyopot baterai nya, jadi gue periksa aja kabelnya.. wkwkwk ..*sebisanya ala kadarnya dah*...

Trus gue bersihin dah tuh kabelnya dari debu-debu yang menumpuk, emang sih gue udah lamaaa lamaaa lamaaaaaaaa baaaannnggeettttss kagak ngebersihin kabel chargeran, jadi ngegeletak aja di meja samping printeran -,-v ...*wkwkwk ketauan malesnya*...

Ternyata bener, ada banyak debu yang nempel di sambungan adaptornya, abis itu dengan deg-deg’an sembari baca Bismillahirahmanirahim,, gue coba colokin lagi chargerannya ke laptop gue dan Alhamdulilah akhirnya lampu indikator charger di laptop gue nyala lagi dan baterai juga keisi ...*akhhh !! peluk laptop*... ...*lebay*... ...*gpp yang penting bisa nyala lagi*... wkwkwk


CARA yang ke-4  :           INSTALL ULANG DRIVER



Nah, untuk yang ini gue juga gak ngerti, jadi gue skip cara ini, tapi yang gue baca dari salah satu sumber (http://junkerkaskus.blogspot.com/2014/11/4-cara-mengatasi-baterai-laptop-yang.html) ,,begini caranya      :

1.     Buka DEVICE MANAGER. Pertama, buka “Device Manager”. Ini dapat ditemukan dengan mudah pada komputer Windows dengan menggunakan fungsi search (cari).




2.     Perhatikan pengaturan Baterainya. Bila daftarnya sudah terbuka, klik tab “Batteries”.
3.     Cari Entri Baterai anda. Klik “Entri” dengan tulisan “Microsift ACPI-Compliant Control Method Battery”.
4.     Uninstall driver anda. Klik kanan dan tekan “Uninstall”.




5.     Periksa perubahannya. Kalau sudah selesai, klik tombol pada toolbar yang bertuliskan “Scan for hardware changes” atau anda bisa membuka tab “Action” dan menekan Scan for hardware changes. 
6.     Install ulang driver. Prosesnya akan mendeteksi baterai secara otomatis dan menginstall ualng driver.



Oke sekian dulu berbagi pengalaman dari hal yang gue “tidak duga” tadi karna biasanya “Hmm.. sudah kuduga~” ..*kalimat yg lagi ngetrand di anak muda jaman sekarang*.. wkwkwk


Semoga bermanfaat yaa kawan-kawan :-D


27 komentar:

  1. makasih infonya :)


    Mudahnya Isi Pulsa Menggunakan Aplikasi Android , Gak Ribet + Gak Capek Tinggal Pilih Klik Bayar.Selain Pulsa Juga Bisa Untuk Bayar BPJS dan PPOB Lainnya , Buruan Download Sekarang GRATIS di Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    BalasHapus
  2. Aku udah coba cara d atas, notifikasi baterainya masuk, tp kok tetep 0% kagak naik atau nambah, gimana solusinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @nurvieee -chan : Hai salam kenal yaa :-D maaf baru sempat bales -_-v
      sepertinya kalau masalah laptop kamu itu sama seperti laptop adik aku deh.. hehehe kalau adik aku sih akhirnya ganti batre baru sekalian sama ganti keyboardnya -_-" soalnya beberapa tombol di keyboardnya ada yang udah gak berfungsi T_T hiks hiks hiks

      Hapus
    2. Kemunginakan baterai tuh sdh rusak jadi beli laptop baru lagi

      Hapus
  3. kaka punya saya adaptornya nyala tapi gamau ngisi juga, mungkin colokan yg ke leptopnye kendor ya? cara mengatasinya gimana kaa , please bales

    BalasHapus
    Balasan
    1. @fajar gilang : wah kalau itu saya kurang tahu, mohon maaf banget yaa -_-" tapi ada 2 kemungkinan sih..

      kemungkinan 1 :
      btw masalah laptop kamu sama seperti komen di atas bukan ?
      kalau sama yaa mau gak mau harus ganti batre , sama seperti laptop adik saya, laptopnya hanya bisa nyala kalau sambil di charge (walaupun di charge batrenya gak penuh-penuh yaaps 0% mulu gak naik naik -_-")

      kemungkinan 2:
      tapi bisa jadi chargerannya yang rusak.. hehe

      mohon maaf yaa, saya sendiri juga kurang paham soalnya :-D tapi semoga penjelasan saya diatas bisa bermanfaat yaa :-)

      Hapus
  4. Makasih infonya, laptop saya mengalami hal yg sama persis,hiixhixx..mohoon izin copy paste yh. :)

    BalasHapus
  5. Kalo windows 10 gimana ya kak?

    BalasHapus
  6. Kalo punya saya gimana asus batrai tanam tapi kalo di charge gak masuk kalo tes ke laptop lain chargenya mau gimana ya solusinya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dgn NB ku itu brow sampai skarang juga blum bisa, klw km sdh bisa di perbaiki brow

      Hapus
    2. Sama dgn NB ku itu brow sampai skarang juga blum bisa, klw km sdh bisa di perbaiki brow

      Hapus
  7. Kok di laptop aku enggak berpengaruh ya kak? Malahan batrai nya udah low T_T

    BalasHapus
  8. Kalau untuk notebook gimana kak? Sama aja atau beda?

    BalasHapus
  9. Kak....
    Makasiiihhh bangeettt infoonyaaa 😙😙😙😙 berkat info ini laptopku bisa di charge lagiii 🙏🙏 barusan aja aku ngalamin ini dan beneran deh panik banget soalnya lagi buat bikin skripsii 😭😭 kebayang ga sih kalo beneran matii 😭😭
    Pokoknya makasiih banget kakak udah ngeshare info yang bener2 bermanfaat 🙏🙏

    BalasHapus
  10. Persis...miripp ..d coba dulu yah

    BalasHapus
  11. Gini loh gan, kemaren kan aku baru ganti LCD laptop aku di tukang service. Nah, setelah bawa pulang aku cas laptop nya tapi daya baterai nya gak pernah nambah dan mentok di setengah doank. Dan besok nya pas mau ngecas lagi eh charger nya malahan gak mau ngisi daya di laptop, aku panik donk uang udah habis buat bayar service LCD. Udah coba beberapa cas temen dan sama aja gak masuk walau baterai udah dicopot dan malahan nya pake charge temen yang baru dia malah mau ngisi. Kan kampret tuh laptop. Jdi, aku perlu ganti baterai, charger atau laptop nya?

    BalasHapus
  12. Kalau aku kak pas nge-charge laptop pake charger aku dayanya nggk masuk alias lampu yang biasanya kalau aku lagi ngecas hidup malah jadi nggk hidup. Baterainya juga nggk keiisi...tapi pas aku coba pakai charger temen aku baterainya keiisi kak...berarti charger aku dong yang bermasalah...itu gimana caranya ya kak???!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku tadi juga gitu kak,sama persis
      Tapi aku ngikutin cara yg bersihin debu langsung bisa wkwk

      Hapus
  13. muncul lagi hardware yg di unintsal , dan cara ngecharge cahrger lptopku tetap sendat2

    BalasHapus
  14. Bermafaat sekali. Terima kasih 😍

    BalasHapus
  15. Manjur bgt kak,punyaku harus ditiup² dulu baru bisa bener wkkwkw

    BalasHapus
  16. Cara bersihin sambungan buat apdatornya itu kaya gimana ya ka?

    BalasHapus
  17. Kak cara bersihin charger nya gimna?

    BalasHapus
  18. Batrei laptop ku tanem gimana bro?

    BalasHapus
  19. makasih infonya gan, bermanfaat bgt. kebetulan ane juga ada cara mengatasi laptop tidak bisa dicas

    BalasHapus